7 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Tumor Otak

7 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Tumor Otak

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ada sejumlah pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari untuk penderita tumor otak. Apa saja?

Makanan dan minuman adalah hal penting yang harus dikonsumsi manusia. Makanan yang dikonsumsi harus bergizi tinggi agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia.

Tapi bagi penderita tumor otak, ada beberapa makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena baik makanan dan minuman ini kemungkinan bisa memperparah kondisi tumor yang sedang dialami.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas apa saja makanannya? Berikut pantangan makanan dan minuman penderita tumor otak:

1. Alkohol




Ilustrasi. Alkohol termasuk pantangan makanan dan minuman untuk penderita tumor otak. (iStock/invizbk)

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dan kanker adalah dua hal yang saling berkaitan. Melansir berbagai sumber, alkohol sering kali dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang memburuk, termasuk untuk tumor pada otak.

Etanol yang terkandung dalam minuman beralkohol diyakini jadi biang kerok kanker. Oleh karena itu bagi mereka yang mengalami tumor otak, sebaiknya hindari konsumsi alkohol.

2. Minuman berenergi

Banyak dokter yang menyarankan agar tidak mengkonsumsi minuman berenergi terlalu banyak terutama yang tinggi gula. Sebab ada beberapa bukti yang menghubungkan asupan minuman energi dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah jantung hingga kejang.

3. Soda

Zat yang terkandung dalam soda, yakni 4-mel diketahui bersifat karsinogen dan secara aktif bisa memicu kanker. Makanya mereka yang memiliki tumor, terutama di otak sebaiknya hindari minuman ini.

4. Makanan olahan




Ilustrasi barbekyuIlustrasi. Makanan olahan termasuk pantangan makanan dan minuman untuk penderita tumor otak. (morgueFile/frolicsomepl)

Melansir Hopkins Medicine, sebaiknya hindari makanan olahan, seperti sosis, keripik kentang, dan makanan olahan lainnya jika Anda menderita tumor otak.

5. Gorengan

Anda juga harus menghindari gorengan, terutama yang mengandung minyak terhidrogenasi yang bisa meningkatkan peradangan.

6. Makanan mentah atau setengah matang

Ikan yang dimasak sebentar atau bahkan mentah seperti sashimi, serta telor matang atau mentah sebaiknya dihindari oleh penderita tumor otak.

7. Makanan yang tidak dicuci

Sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk penderita tumor otak. Tapi tidak diberikan kepada mereka yang menderita tumor otak.

Itulah 7 pantangan makanan dan minuman untuk penderita tumor otak. Sebaiknya hindari untuk mencegah perburukan.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]