Catat, Aturan Konsumsi Singkong Rebus untuk Penderita Diabetes

Catat, Aturan Konsumsi Singkong Rebus untuk Penderita Diabetes

Daftar Isi



  • Manfaat singkong rebus untuk diabetes

  • Bolehkah penderita diabetes makan singkong rebus?

Jakarta, CNN Indonesia

Singkong rebus enak disantap sebagai menu sarapan atau camilan. Namun, terdapat aturan dalam mengonsumsinya yang perlu diperhatikan untuk penderita diabetes.

Selain rasanya nikmat, singkong rebus juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Sebagai sumber karbohidrat kompleks, makanan ini membantu meningkatkan energi, menjaga berat badan, mengoptimalkan massa otot, hingga mendukung kesehatan otak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bagi penderita diabetes, makan singkong rebus juga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya bisa mengontrol gula darah. Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan penderita diabetes saat mengonsumsinya.

Manfaat singkong rebus untuk diabetes




Ilustrasi. Sebelum mengetahui aturan konsumsi singkong rebus untuk penderita diabetes, simak manfaatnya berikut ini. (iStockphoto/Photographer)

Ada sejumlah manfaat mengonsumsi singkong rebus yang bisa dirasakan oleh penderita diabetes, antara lain:

1. Mengontrol gula darah

Kandungan serat dan pati alami dalam singkong bisa mencegah diabetes makin memburuk.

Singkong yang direbus bisa mengurangi kecepatan penyerapan gula ke dalam darah.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Penderita diabetes umumnya rentan memiliki masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sakit perut.

Seperti sayuran kaya karbohidrat kompleks lainnya, pati yang terkandung dalam singkong juga bisa memberi bakteri baik dengan manfaat yang luar biasa.

Mengutip berbagai sumber, pati resisten dalam singkong yang direbus bisa bertindak sebagai prebiotik yang bisa memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi peradangan.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Melansir laman CDC, penderita diabetes dua kali lebih berisiko terkena gangguan jantung. Karena itu, penderita diabetes perlu memperbanyak konsumsi makanan yang baik untuk jantung.

Di dalam singkong, terdapat senyawa flavonoid, sejenis antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Terlalu banyak kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, konsumsi singkong rebus juga bagus untuk mengendalikan tekanan darah.

Bolehkah penderita diabetes makan singkong rebus?




Ilustrasi diabetes anakIlustrasi. Meski manfaatnya sangat besar, namun aturan konsumsi singkong rebus untuk penderita diabetes adalah tidak makan berlebihan. (iStock/vadimguzhva)

Karena manfaatnya yang besar untuk penderita diabetes, banyak orang mungkin memilih singkong sebagai alternatif pengganti nasi.

Meski demikian, hingga kini belum ada penelitian yang menganjurkan singkong harus dimakan secara rutin setiap hari oleh penderita diabetes.

Akan tetapi, hal itu sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Terlebih, melansir berbagai sumber, singkong memiliki angka indeks glikemik yang lebih rendah dari nasi dan kentang.

Hanya saja, dengan nilai indeks glikemik yang rendah, penderita diabetes tidak dianjurkan makan singkong rebus secara berlebihan. Pasalnya singkong masih mengandung kalori yang cukup tinggi yang bisa memicu kenaikan berat badan.

Jadi, aturan konsumsi singkong rebus untuk penderita diabetes yang utama adalah tidak makan secara berlebihan.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]