Objek Wisata di China Pasang Pengatur Waktu di Toilet Wanita

Objek Wisata di China Pasang Pengatur Waktu di Toilet Wanita


Jakarta, CNN Indonesia

Gua Buddha Yungang di China yang terkenal dengan 51 ribu patung bersejarah di dalam 252 gua, telah menjadi pusat perhatian, bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga karena fasilitas toiletnya.

Baru-baru ini, toilet di situs Warisan Dunia UNESCO ini menjadi sorotan setelah video yang diunggah ke Xiaoxiang Morning Herald, sebuah media yang dikelola oleh pemerintah China menunjukkan timer atau pengatur waktu digital di kamar mandi wanita.

Video tersebut menunjukkan pengatur waktu dipasang di deretan bilik toilet di kamar mandi wanita dan masing-masing bilik memiliki penghitung waktu digitalnya sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat bilik kosong, layar LED menampilkan tulisan ‘kosong’ dalam warna hijau. Jika digunakan, layar menunjukkan jumlah menit dan detik seberapa lama pintu telah dikunci.

Pengunjung merasa teknologi ini canggih karena mengurangi kebutuhan untuk mengantri, tetapi ada juga yang merasa tidak nyaman karena merasa diawasi.

“Menurut saya, teknologinya cukup maju sehingga kamu tidak perlu mengantri di luar atau mengetuk pintu kamar mandi,” kata salah satu pengunjung seperti yang dikutip dari CNN.

“Tapi menurut saya itu juga sedikit memalukan. Rasanya seperti saya sedang diawasi,” komentar pengunjung lainnya.

Seorang anggota staf di objek wisata Gua Buddha Yungang mengatakan bahwa timer atau pengatur waktu dipasang untuk mengatasi peningkatan pengunjung ke objek wisata dan itu termasuk fasilitas di dalam lokasi wisata.

“Mereka (pengatur waktu) tidak ada di sana untuk mengontrol berapa lama kamu boleh menggunakan kamar mandi,” kata anggota staf tersebut.

“Tidak mungkin kami mengusir seseorang (dari kamar mandi) di tengah jalan. Dan kami tidak menetapkan batasan waktu seperti lima atau 10 menit berapa lama seseorang boleh menggunakan toilet,” imbuhnya.

Pengatur waktu tersebut telah beroperasi sejak 1 Mei lalu dan dibuat untuk tindakan pengamanan. Gua Buddha Yungyang sendiri memang memiliki jumlah pengunjung yang memecahkan rekor. Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2001, gua ini adalah salah satu atraksi terbesar di provinsi Shanxi, China utara.

Gua Buddha Yungang menerima 3 juta pengunjung pada tahun lalu, yang merupakan rekor tertinggi untuk objek wisata tersebut dan merupakan peningkatan yang signifikan dari sebelum pandemi pada 2019, dengan 1,98 juta kunjungan. 

(anm/wiw)

[Gambas:Video CNN]