5 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama di Kulkas

5 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama di Kulkas

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Daging serasa berlimpah di perayaan Idul Adha dan tidak mungkin dimasak semua. Simak cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas.

Daging jadi salah satu sumber protein hewani yang menyehatkan. Konsumsi dalam porsi terukur dan dipadu dengan bahan pangan lain bisa melengkapi kebutuhan gizi semua anggota keluarga.

Perayaan Iduladha memang lekat dengan daging kurban. Kadang jumlahnya begitu banyak sehingga memungkinkan jadi stok pangan dalam jangka panjang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daging bisa awet segar dengan disimpan di kulkas. Dengan cara penyimpanan berikut, daging tidak akan cepat rusak dan kualitasnya terjaga.

1. Suhu yang tepat




Ilustrasi. Cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas adalah simpan di suhu yang tepat. (Istockphoto/4kodiak)

Menyimpan daging harus memperhatikan suhu kulkas. Daging harus disimpan dalam suhu setidaknya 40 derajat Fahrenheit (sekitar 4 derajat Celcius) atau lebih rendah.

Sementara melansir dari Food and Wine, daging beku di freezer harus disimpan di suhu 0 derajat Fahrenheit atau lebih rendah.

2. Kemas daging

Daging sebisa mungkin tidak kontak dengan udara bebas atau udara hangat. Oleh karenanya, simpan daging dalam kondisi dikemas baik dengan kertas daging atau kantong plastik berpenutup rapat.

Kantong plastik rapat (ziplock) sangat disarankan untuk penyimpanan daging di freezer. Terlebih dahulu, potong daging sesuai jumlah yang akan dimasak lalu masukkan ke dalam kantong.

Cara ini memastikan daging yang dilelehkan (thawing) hanya daging yang akan dimasak sehingga daging lain bisa tetap segar dan tahan lama.

3. Lebih baik di freezer

Penyimpanan daging sangat disarankan diletakkan di freezer. Ini jadi cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas.

Melansir dari Healthline, umur simpan daging dalam freezer bisa sekitar 4-12 bulan. Kalau lebih dari itu, kualitasnya bisa menurun.

4. Simpan di chiller

Umur penyimpanan daging di chiller (area kulkas di luar freezer) tidak sampai seminggu. Daging bisa bertahan 3-5 hari. Biasanya penyimpanan di chiller cocok untuk daging yang memang akan diolah dalam waktu dekat.

5. Jangan lupa thawing




Young woman beating a steak in the kitchenIlustrasi. Salah satu cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas adalah dengan thawing.(iStockphoto/ivanmateev)

Cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas salah satunya dengan dibekukan. Namun saat tiba waktunya memasak, orang cenderung menggunakan cara instan agar daging beku cepat mencair.

Padahal cara terbaik untuk mencairkan daging adalah thawing. Sebelum keesokan hari diolah, keluarkan daging dari freezer dan biarkan di chiller. Daging akan meleleh perlahan sampai ke bagian dalam.

Dengan begitu, daging yang diolah tidak akan meninggalkan area yang masih dingin atau beku.

Itulah 5 cara menyimpan daging agar tahan lama di kulkas. Semoga bermanfaat.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]