5 Kebiasaan yang Membuat Tubuh Pendek, Terlalu Banyak Junk Food

Daftar Isi



  • Kebiasaan membuat tubuh pendek

Jakarta, CNN Indonesia

Postur tubuh pendek sering kali dianggap karena faktor genetik atau keturunan. Padahal ada juga kebiasaan yang membuat tubuh pendek. Apa saja?

Tubuh pendek memang disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pubertas yang tertunda, penyakit tertentu, malnutrisi, malabsorpsi, hingga celiac.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sehari-hari juga bisa membuat postur Anda kurang tinggi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebiasaan ini kerap dilakukan sejak kecil, yang mungkin tanpa disadari justru sering Anda lakukan.

Melansir Healthline, saat masa kanak-kanak dan remaja tulang terus tumbuh hingga mencapai pertumbuhan dewasa di usia remaja atau awal dua puluhan.

Selama usia paruh baya, tubuh biasanya mulai menyusut secara perlahan karena tekanan bertahun-tahun pada tulang belakang.

Orang biasanya kehilangan sekitar 2 hingga 4 sentimeter sepanjang hidup mereka dibandingkan dengan puncak tinggi badan orang dewasa.

Selain itu, tinggi badan juga sangat ditentukan oleh genetika dan beberapa kebiasaan.

Kebiasaan membuat tubuh pendek

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa membuat tubuh pendek.

1. Terlalu banyak junk food

Junk food atau makanan cepat saji secara umum tidak baik untuk kesehatan. Menukil berbagai sumber, makanan ini memiliki nilai gizi yang rendah untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Lebih dari itu, makanan ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Makanan penyebab obesitas seperti keripik kentang dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan mengembangkan massa otot yang tidak sehat.

2. Terlalu banyak makan nasi




Ilustrasi. Salah satu kebiasaan yang membuat tubuh pendek adalah terlalu banyak makan nasi. (iStockphoto/Nungning20)

Apakah nasi membuat Anda lebih pendek? Piring yang hanya berisi karbohidrat saja tidak baik untuk kesehatan.

Hal ini dapat menghambat pertumbuhan anak. Protein tinggi dengan karbohidrat rendah baik untuk tumbuh kembang anak.

3. Kurang tidur

Terlalu sering begadang juga bisa membuat tubuh Anda pendek. Melansir NBC News, tidur terlalu sedikit terbukti sangat buruk bagi kesehatan Anda.

Penelitian mengaitkannya dengan tekanan darah tinggi, diabetes, penambahan berat badan, dan bahkan sekadar terlihat lelah dan tua.

4. Olahraga hanya untuk berat badan turun




ilustrasi olahraga plankIlustrasi. Salah satu kebiasaan yang membuat tubuh tinggi adalah olahraga hanya untuk berat badan turun. (iStockphoto/eternalcreative)

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mendapat tubuh bugar dan sehat. Tapi, banyak dari kita yang tidak mendapatkan manfaat penuh karena hanya mengasosiasikan aktivitas fisik dengan penurunan berat badan.

Jika Anda cenderung pergi ke gym dalam waktu dua minggu untuk menurunkan berat badan, tetapi kemudian berhenti melakukan aktivitas fisik selama beberapa bulan, Anda kehilangan beberapa manfaat kesehatan yang penting, termasuk tinggi badan ideal.

5. Terlalu banyak makan mi

Mi disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun kandungan di dalamnya dapat menyebabkan banyak komplikasi seperti terhambatnya pertumbuhan.

Itulah lima kebiasaan yang membuat tubuh pendek. Mulailah menghindari kebiasaan tersebut agar tinggi badan bisa seimbang.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]