Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Retakan di Tembok Rumah

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Retakan yang muncul diĀ tembok rumah memang terlihat mengganggu. Lantas, bagaimana cara mengatasi retak pada tembok agar tidak semakin luas hingga mengganggu estetika rumah?

Retak yang muncul di dinding selain merusak estetika juga bisa membuat penghuni merasa khawatir. Pasalnya, dinding yang retak bisa makin luas hingga menyebabkan tembok roboh.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab retakan muncul di dinding. Mulai dari penyebab sepele hingga yang paling berat dan bisa membuat tembok roboh jika tidak ditangani.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas bagaimana cara mengatasi retak pada tembok?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menemukan retakan di dinding rumah:

1. Bersihkan dinding

Sebelum melakukan berbagai penanganan, hal yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan dinding yang retak. Melansir berbagai sumber, dinding yang retak ini bisa dibersihkan menggunakan kain yang sebelumnya sudah Anda basahi.

2. Amplas tembok

Setelah membersihkan kotoran dengan air, Anda juga perlu membersihkan cat di bagian retakan. Anda bisa menggunakan amplas tembok, gosok hingga bagian acian di tembok terlihat.

3. Isi bagian retakan

Melansir berbagai sumber, setelah dinding dibersihkan tugas berikutnya adalah mengisi celah di bagian retakan, isi dengan wall-filler. Anda bisa menggunakan alat khusus yang bisa didapatkan di berbagai toko bangunan.

4. Beri plamir tembok

Setelah mengering, tambahkan plamir sebagai penguat semen yang diisi ke bagian retakan. Ini bisa membuat tembok retak jadi kokoh seperti baru.

5. Cat ulang

Setelah semua mengering, tugas terakhir Anda adalah mengecat ulang tembok tersebut. Memolesnya dengan cat membuat tembok terlihat lebih rapi dan kokoh.

Itulah lima cara mengatasi retak pada tembok. Semoga membantu.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]