6 Makanan Ini Bikin Awet Muda Orang-orang di Zona Biru

Daftar Isi



  • Makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru

Jakarta, CNN Indonesia

Coba tebak, apa yang jadi rahasia awet muda orang-orang di Zona Biru?

Jawabannya adalah makanan. Ada beberapa makanan yang bikin awet muda orang-orang di Zona Biru. Apa saja?

Zona Biru atau Blue Zone merupakan wilayah di mana masyarakatnya memiliki usia jauh lebih tua atau lebih panjang umur dibandingkan rata-rata wilayah lain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Dan Buettner, seorang jurnalis kum penjelajah. Ia menemukan sejumlah negara dengan rata-rata masyarakatnya yang panjang umur.

Sejauh ini, beberapa kawasan diklaim sebagai Zona Biru. Di antaranya adalah Sardinia (Italia), Okinawa (Jepang), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), dan Loma Linda (Amerika Serikat).

Makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru

Menukil laman Blue Zone, pola makan masyarakat di wilayah ini didominasi oleh pangan berbasis tumbuhan. Mereka juga menggunakan minyak zaitun untuk memasak.

Namun, bukan berarti mereka ‘haram’ memakan daging. Boleh-boleh saja, asalkan porsinya dibatasi.

Berikut beberapa makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru, merangkum berbagai sumber.

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin A dan C yang baik. Mengutip Verywell Health, keduanya punya kemampuan untuk mencegah kerusakan sel.

Contoh sayuran hijau terbaik yang bikin panjang umur adalah kale dan bayam.

2. Blueberry




Ilustrasi. Blueberry, salah satu makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru. (Istockphoto/LOVE_LIFE)

Buah segar dijadikan camilan oleh warga Zona Biru. Salah satu buah yang paling populer adalah blueberry. Buah ini dipercaya dapat menyehatkan otak seiring pertambahan usia.

Selain blueberry, buah untuk panjang umur lainnya di antaranya pepaya, nanas, atau stroberi.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun jadi komponen penting dalam diet Zona Biru. Minyak ini mengandung asam lemak tak jenuh dan kaya senyawa antioksidan.

Keduanya dipercaya dapat mencegah peradangan yang bisa memicu penyakit-penyakit kronis seperti masalah jantung dan kanker.

4. Kacang

Kacang-kacangan juga jadi makanan yang bikin panjang umur berikutnya. Kacang kaya akan serat, protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang bisa memperlambat penuaan.

5. Roti dari biji-bijian utuh

Masyarakat Zona Biru tak mengonsumsi roti putih. Alih-alih roti putih, mereka mengonsumsi roti dari biji-bijian utuh atau sourdough.

Sourdough memiliki indeks glikemik lebih rendah, kaya vitamin, dan mineral dibandingkan roti putih. Sama seperti lainnya, biji-bijian utuh dipercaya dapat memperlambat penuaan.

6. Ikan




White pomfret or raw fish pomfret.Ilustrasi. Ikan, salah satu makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru. (iStockphoto/sri widyowati)

Ikan menjadi sumber protein yang baik. Selain itu, ikan juga rendah kandungan lemak.

Jadikan ikan sebagai menu makanan harian. Setidaknya konsumsi tiga sajian kecil ikan dalam sepekan.

Demikian beberapa makanan yang bikin awet muda orang Zona Biru. Jangan lupa untuk mengkombinasikan pola makan yang sehat dengan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup demi mendapatkan hasil maksimal.

(tim/asr)